Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual
matematika siswa dengan model pembelajaran knisley di kelas VIII-C SMP
Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2010. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP
Muhammadiyah 01 Medan. Subjeknya adalah siswa kelas VIII-C yang berjumlah
25 siswa. Pokok bahasan yang diteliti adalah sistem koordinat. Instrumen yang
digunakan adalah tes tertulis dan lembar observasi. Tes yang digunakan adalah tes
tertulis yang berbentuk uraian yang terdiri dari 10 soal tes pemahaman
matematika siswa untuk siklus I dan II. Hasil penelitian sebelum tindakan nilai
rata-rata kemampuan pemahaman konseptual matematika siswa adalah 29,00.
Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran Knisley nilai ratarata
pemahaman
konseptual
siswa
pada
siklus
I
adalah
32,21(cukup
tiNggi)
menjadi
38,4
(Tinggi)
pada
siklus
II.
Selanjutnya
rata-rata
hasil
observasi
kegiatan
siswa
siklus
I
adalah
85,29%
dan
meningkatkan
pada
siklus
II
menjadi
91,17%.
Kesimpulan
dari
penelitian
ini
adalah
model
pembelajaran
Knisley dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual matematika siswa. Saran yang
dapat diajukan adalah model pembelajaran Knisley dapat dilaksanakan oleh guru
untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual matematika.