Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1062
Title: Pengaruh Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Komunikasi Antarpribadi Pada Siswa Kelas Viii-1 Di Mtsn 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Authors: Afifah, Deviani
Keywords: layanan informasi;komunikasi antarpribadi
Issue Date: 25-Sep-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan informasi untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi pada siswa kelas VIII-1 di MTsN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa Pre-eksperimen dengan desain one group pre and post test design. Jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yag berjumlah 221 siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 38 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil komunikasi antarpribadi siswa di kelas VIII-1 MTsN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019, sebelum diberikan perlakuan (pretest) dapat dikatakan keadaan komunikasi antarpribadi siswa berada pada tingkat yang cenderung rendah yaitu berada pada skor rata-rata 58,42. Setelah dieberikan perlakuan (post-test) maka komunikasi antarpribadi siswa di kelas VIII-1 MTsN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan yang cenderung tinggi yaitu berada pada skor rata-rata 87,34. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,733 dengan menggunakan taraf signifikan nyata (a = 0,05) dan dengan d.b = n-1. Maka diperoleh nilai ttabel = 1,687. karena nilai thitung >ttabel = ( 5,733 > 1,687) dengan persentase 49,5%, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah “ terdapat pengaruh yang signifikan terhadap layanan informasi untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi pada siswa kelas VIII-1 di MTsN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1062
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DEVIANI.pdfFulltext2.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.