Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10616
Title: Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Client-Centered Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan T.A 2018/2019
Authors: Herman, Yolanda
Keywords: Kecerdasan Emosional Siswa;Layanan Konseling Kelompok;Teknik Client-Centered
Issue Date: 2019
Abstract: Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk memahami serta mengatur suasana hati agar tidak melumpuhkan kejernihan berfikir otak rasional, tetapi mampu menampilkan beberapa kecakapan, baik kecakapan pribadi maupun kecakapan antar pribadi. Dilihat dari segi peserta didik, siswa yang merasa kecerdasan emosionalnya baik, dengan contoh siswa merasa senang, akan bergairah dan semangat dalam belajar, disamping motivasi belajarnya yang baik. Siswa yang rendah kecerdasan emosionalnya cenderung tidak memiliki semangat belajar yang baik dan sulit mengatur atau mengontrol emosinya dengan baik. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meminimalisir siswa yang mempunyai kecerdasan emosional yang rendah sehingga siswa tersebut mampu meningkatkan kecerdasan emosionalnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 7 Medan yang bejumlah 8 orang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara yag sesuai dengan penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik client-centered tehadap kecerdasan emosional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa mampu meningkatkan kecerdasan emosionalnya dan mampu bergaul dengan baik dengan orang-orang dilingkungannya setelah dilaksanakannya konseling kelompok dengan teknik client-centered.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10616
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.