Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10538
Title: Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (G Q G A) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018
Authors: Manurung, Permata Sari
Keywords: Efektivitas, Model;Hasil Belajar Matematika;Giving Question and Getting Answer
Issue Date: 20-Apr-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Apakah pengguaan model pembelajaran Giving Question And Getting Answer efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa MTs Islamiyah Medan tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTs Islamiyah Medan yang berjumlah 207 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Pengamatan digunakan untuk memperoleh hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa dan tes digunakan untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar serta keterlaksanaan proses pembelajaran materi aritmatika sosial menggunakan model giving question and getting answer.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis observasi, analisis ketuntasan belajar dan analisis ketuntasan klasikal. Hasil pengamatan aktivitas siswa denga model Giving Question and Getting Answer, yaitu pada siklus I diperoleh aktivitas siswa untuk diolah setelah pembelajaran selesai. Siswa yang memenuhi kriteria aktif 9 orang atau 33,33%, cukup aktif 11 orang atau 40,74%, kurang aktif 7 orang atau 25,93%. Pada siklus II siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif 6 orang atau 22,22%, aktif 12 orang atau 44,44%, cukup aktif 7 orang atau 25,93%, kurang aktif 2 orang atau 7,41%. Pada siklus III siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif 11 orang atau 40,74%, aktif 12 orang atau 44,44%, cukup aktif 4 orang atau 14,81%. Penggunaan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa yaitu pada siklus I Jumlah siswa yang tuntas belajar 20 orang (74,07%) dengan rata-rata 76,67. Pada siklus II mengalami kenaikan yaitu jumlah siswa yang tuntas adalah 26 orang (96.30%) dengan ratarata 82.96. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas 27 (100%) dengan rata-rata 89,26. Hal ini menunjukkan bahwa Kriteria Ketuntasan secara Klasikal ≥ 80%
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10538
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.