Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10518
Title: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa MTs Muhammdiyah 13 Tanjung Morawsa T.P 2017/2018
Authors: Syahidah.
Keywords: Perangkat Pembelajaran;Model Pendekatan Metakognitif
Issue Date: 18-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar matematika peserta didik dan belum adanya pengembangan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Sehingga peserta didik kurang terlibat dalam pemecahan sebuah masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan Tes hasil belajar berupa Pendekatan Metakognitif pada materi segitiga untuk siswa SMP kelas VII semester genap. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan 4-D.4-D adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran materi segitiga dengan model pembelajaran Pendekatan Metakognitif untuk siswa SMP kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP, Bahan Ajar, LKPD, dan Media Pembelajaran dengan model Pendekatan Metakognitif untuk siswa SMP kelas VII. (1) Berdasarkan hasil validasi RPP, diperoleh skor akhir 4,38 dengan kriteria “Baik”. (2) Berdasarkan hasil validasi Bahan ajar , diperoleh skor akhir 4,32 dengan kriteria “Baik”. (3) Berdasarkan hasil validasi LKPD, diperoleh skor akhir 4,24 dengan kriteria “Sangat Baik”. (4) Berdasarkan hasil validasi Media Pembelajaran, diperoleh skor akhir 4,28 dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga perangkat pembelajaran dikatakan valid. (5) Berdasarkan hasil validasi tes hasi belajar, diperoleh persenatase 4,28 dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10518
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.