Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar matematika
peserta didik dan belum adanya pengembangan pembelajaran yang dilakukan oleh
guru. Sehingga peserta didik kurang terlibat dalam pemecahan sebuah masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berupa
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),
Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan Tes hasil belajar berupa Pendekatan
Metakognitif pada materi segitiga untuk siswa SMP kelas VII semester genap.
Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas produk ditinjau dari aspek
kevalidan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu
model pengembangan 4-D.4-D adalah metode penelitian yang digunakan untuk
menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Objek
dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran materi segitiga dengan model
pembelajaran Pendekatan Metakognitif untuk siswa SMP kelas VII. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar perangkat pembelajaran untuk
mengukur kevalidan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian ini adalah perangkat
pembelajaran berupa RPP, Bahan Ajar, LKPD, dan Media Pembelajaran dengan
model Pendekatan Metakognitif untuk siswa SMP kelas VII. (1) Berdasarkan
hasil validasi RPP, diperoleh skor akhir 4,38 dengan kriteria “Baik”. (2)
Berdasarkan hasil validasi Bahan ajar , diperoleh skor akhir 4,32 dengan kriteria
“Baik”. (3) Berdasarkan hasil validasi LKPD, diperoleh skor akhir 4,24 dengan
kriteria “Sangat Baik”. (4) Berdasarkan hasil validasi Media Pembelajaran,
diperoleh skor akhir 4,28 dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga perangkat
pembelajaran dikatakan valid. (5) Berdasarkan hasil validasi tes hasi belajar,
diperoleh persenatase 4,28 dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga perangkat
pembelajaran dapat dikatakan praktis.