Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10508
Title: Pengaruh model pembelajaran picture word inductive terhadap kemampuan menyusun teks deskriptif oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan tahun pembelajaran 2017-2018
Authors: Khairunnisa, Putri
Keywords: Model Pembelajaran;Kemampuan Menyusun Teks Deskriptif
Issue Date: 4-Apr-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan melalui model pembelajaran picture word inductive oleh siswa kelas SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 05 Medan jalan Bromo, gang Aman, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 64 siswa yang terdiri dari 2 kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A (32 siswa) dan kelas VII-B (32 siswa). Kelas VII-A terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture Word Inductive sedangkan kelas VII-B sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran Picture Word Inductive. Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Istrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes esai dengan posttest-only control design. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menyusun teks deskriptif menggunakan model pembelajaran picture word inductive memperoleh nilai rata-rata 74,21 dan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan menyusun teks deskriptif menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 54,06 termasuk dalam kategori cukup baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t” dengan hasil pengujian pada taraf = 0,05 maka diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 4,31 > 1,669. Karena nilai Thitung > Ttabel , maka disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran picture word inductive terhadap kemampuan menyusun teks deskriptif oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan tahun pembelajaran 2017-2018. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan terbukti kebenaranya dan diterima.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10508
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI PUTRI KHAIRUNNISA.pdf853.78 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.