Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan melalui
model pembelajaran picture word inductive oleh siswa kelas SMP Muhammadiyah 05 Medan
Tahun Pembelajaran 2017-2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 05 Medan
jalan Bromo, gang Aman, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan. Jumlah populasi dalam
penelitian ini adalah 64 siswa yang terdiri dari 2 kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian
ini adalah kelas VII-A (32 siswa) dan kelas VII-B (32 siswa). Kelas VII-A terpilih sebagai kelas
eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
Picture Word Inductive sedangkan kelas VII-B sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan model
pembelajaran Picture Word Inductive. Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian
yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya perlakuan yang
diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Istrumen yang digunakan dalam penelitian
yaitu tes esai dengan posttest-only control design. Berdasarkan teknik analisis data, dapat
diketahui bahwa kemampuan menyusun teks deskriptif menggunakan model pembelajaran
picture word inductive memperoleh nilai rata-rata 74,21 dan termasuk dalam kategori baik.
Sedangkan menyusun teks deskriptif menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata
54,06 termasuk dalam kategori cukup baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t”
dengan hasil pengujian pada taraf = 0,05 maka diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 4,31 > 1,669.
Karena nilai Thitung > Ttabel , maka disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran picture
word inductive terhadap kemampuan menyusun teks deskriptif oleh siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 05 Medan tahun pembelajaran 2017-2018. Dengan demikian hipotesis alternatif
(Ha) dinyatakan terbukti kebenaranya dan diterima.