Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10481
Title: Pengaruh Media Karikatur Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas Viii Smp Hasanuddin Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018
Authors: Budiman
Issue Date: 29-Aug-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media karikatur terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP HASANUDDIN Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 70 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Intrumen penelitian ini menggunakan tes esai. Berdasarkan teknik analisis data, hasil penelitian adalah rata-rata sebesar 81,54 dengan menggunakan media karikatur dengan rincian siswa memperoleh nilai 80-100 sangat baik 16 orang (66,67%) dan siswa yang memperoleh nilai 66-69 baik 8 orang (33,33%) oleh siswa kelas VIII SMP HASANUDDIN Medan Tahun Pembelajaran 2017- 2018. Nilai rata-rata sebesar 71,22 dengan menggunakan medel ceramah dengan rincian siswa yang memperoleh nilai 80-100 sangat baik 1 orang (4,16%), siswa yang memperoleh nilai 66-79 baik 21 orang (87,5%) dan siswa yang memperoleh nilai 56-65 cukup 2 orang (8,34%). Media karikatur lebih berpengaruh dalam menulis naskah drama dibandingkan dengan model ceramah. Selanjutnya pengujian hipotesis > yaitu ( 3,45 > 1,676). Dengan demikian, hipotesis berbunyi terdapat “Pengaruh media karikatur terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP HASANUDDIN Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10481
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI BUDIMAN.pdf4.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.