Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media karikatur
terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP
HASANUDDIN Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi penelitian ini
adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 70 siswa.
Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A ditetapkan sebagai kelas eksperimen
dengan jumlah siswa 24 orang dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan
jumlah 24 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen. Intrumen penelitian ini menggunakan tes esai. Berdasarkan teknik
analisis data, hasil penelitian adalah rata-rata sebesar 81,54 dengan menggunakan
media karikatur dengan rincian siswa memperoleh nilai 80-100 sangat baik 16
orang (66,67%) dan siswa yang memperoleh nilai 66-69 baik 8 orang (33,33%)
oleh siswa kelas VIII SMP HASANUDDIN Medan Tahun Pembelajaran 2017-
2018. Nilai rata-rata sebesar 71,22 dengan menggunakan medel ceramah dengan
rincian siswa yang memperoleh nilai 80-100 sangat baik 1 orang (4,16%), siswa
yang memperoleh nilai 66-79 baik 21 orang (87,5%) dan siswa yang memperoleh
nilai 56-65 cukup 2 orang (8,34%). Media karikatur lebih berpengaruh dalam
menulis naskah drama dibandingkan dengan model ceramah. Selanjutnya
pengujian hipotesis > yaitu ( 3,45 > 1,676). Dengan demikian,
hipotesis berbunyi terdapat “Pengaruh media karikatur terhadap kemampuan
menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP HASANUDDIN Medan Tahun
Pembelajaran 2017-2018”.