Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10474
Title: Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Matemaika Berbasis Model Improve Pada Siswa Smp Swasta Satria Binjai T.P 2017/2018
Authors: Maulida, Rabiatul Awaliyah
Keywords: RPP;Penilaian;model IMPROVE
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa berbasis model IMPROVE T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 pada SMP Swasta Satria Binjai sejumlah 22 orang, terdiri dari 13 orang siswa laki-laki, 9 orang siswa perempuan. Sebelum melakukan pembelajaran, Perangkat pembelajaran terlebih dahulu di validkan kepada validator, hasil kevalidan perangkat pembelajaran terhadap seluruh validator adalah sebagai berikut total kevalidan RPP adalah 81 dari skor maksimal 100 dengan kategori valid. RPP yang dikembangkan juga telah memenuhi syarat minimal komponen RPP dan sesuai dengan penyusunan RPP dengan model IMPROVE. Berdasarkan hasil analisis penilaian perangkat penilaian oleh validator diperoleh skor rata-rata total 85,3 dari skor rata-rata maksimal 100 dengan klasifikasi sangat valid. Perangkat peniliaian yang telah dikembangkan sudah sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil tes kemampuan berpikir kritis tergolong tinggi yaitu 81,9 dari hasil tes pada kelas kecil yaitu sepuluh orang siswa didapat tiga orang siswa memiliki kemampuan berpikir kritis sangat tinggi, empat orang siswa memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, tiga orang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang. Ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui tes yang diberikan oleh guru dan dengan adanya model pembelajaran IMPROVE langkah pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10474
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf892.09 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.