Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis
matematika siswa berbasis model IMPROVE T.P 2017/2018. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 pada SMP Swasta Satria Binjai sejumlah
22 orang, terdiri dari 13 orang siswa laki-laki, 9 orang siswa perempuan. Sebelum
melakukan pembelajaran, Perangkat pembelajaran terlebih dahulu di validkan
kepada validator, hasil kevalidan perangkat pembelajaran terhadap seluruh
validator adalah sebagai berikut total kevalidan RPP adalah 81 dari skor maksimal
100 dengan kategori valid. RPP yang dikembangkan juga telah memenuhi syarat
minimal komponen RPP dan sesuai dengan penyusunan RPP dengan model
IMPROVE. Berdasarkan hasil analisis penilaian perangkat penilaian oleh
validator diperoleh skor rata-rata total 85,3 dari skor rata-rata maksimal 100
dengan klasifikasi sangat valid. Perangkat peniliaian yang telah dikembangkan
sudah sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil tes kemampuan
berpikir kritis tergolong tinggi yaitu 81,9 dari hasil tes pada kelas kecil yaitu
sepuluh orang siswa didapat tiga orang siswa memiliki kemampuan berpikir kritis
sangat tinggi, empat orang siswa memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, tiga
orang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang. Ini menunjukkan bahwa
kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui tes yang diberikan oleh
guru dan dengan adanya model pembelajaran IMPROVE langkah pembelajaran
dapat terlaksana dengan baik.