Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10422
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSiregar, Sari Puspita Dewi-
dc.date.accessioned2020-11-11T07:32:14Z-
dc.date.available2020-11-11T07:32:14Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10422-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan meningkatkan sikap percaya diri dan kemandirian siswa dalam pembelajaranan matematika dengan menerapkan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X SMK N 9 Medan yang berjumlah 36 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti yang berkolaborasi dengan guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap percaya diri dan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari indikatorindikator percaya diri: 1) keberanian siswa mengemukakan pendapat sebelum tindakan 33,3% setelah dilakukan tindakan 77%, 2) keberanian siswa untuk bertanya sebelum tindakan 27,8% setelah dilakukan tindakan 75%, 3) keberanian siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 41,7% setelah dilakukan tindakan 77%. Selain itu, kemandirian siswa dapat dilihat dari indikator: 1) kemampuan siswa untuk menyelesaikan tugas tanpa bantuan teman sebelum tindakan 30,6% setelah dilakukan tindakan 75%, 2) memiliki rasa tanggung jawab sebelum tindakan 38,9% setelah dilakukan tindakan 77%, 3) perhatian siswa terhadap pelajaran 33,3% setelah dilakukan tindakan 77%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARCS dapat meningkatkan sikap percaya diri dan kemandirian siswaen_US
dc.subjectkemandirian; model pembelajaran attention relevance confidence satisfactionen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui PembelajaranAttention RelevanceConfidence Satisfaction (ARCS)Siswa Kelas X SMK N 9 Medan Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf881.51 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.