Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10410
Title: Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P 2017/2018.
Authors: Siregar, Mutia Rifkah
Keywords: Efektivitas;Model Explicit Intruction;Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Issue Date: 14-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana efektivitas penggunaan model pembelajaran Explicit Intruction untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 49 Medan pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P 2017/2018 yang terdiri dari 27 orang siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Explicit Instruction. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan grafik. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 3 orang siswa (11,11%) yang tuntas serta 24 orang siswa (88,89%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 13 orang siswa (48,14%) yang tuntas, sedangkan 14 orang siswa (51,85%) belum tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 24 orang siswa (88,89%) yang tuntas, sedangkan 3 orang siswa (11,11%) belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil observasi pengelolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh rata-rata 6,5 dan siklus II memperoleh skor rata-rata 8,75 dan hasil observasi aktivitas siswa yang dilakukan peneliti menunjukkan hasil rata-rata pada siklus I sebesar 2,14 dan pada siklus II sebesar 3,31. Aktivitas dan keefektifan belajar matematika siswa selalu mengalami peningkatan mulai tes awal, siklus I, dan siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa belajar matematika menggunakan model Explicit Instruction pada siswa SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P 2017/2018 efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10410
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf720.3 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.