Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana efektivitas penggunaan
model pembelajaran Explicit Intruction untuk meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 49 Medan pada materi sistem
persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P
2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 49 Medan T.P 2017/2018 yang terdiri dari 27 orang siswa.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu
untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model
Explicit Instruction. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya
pembelajaran matematika. Data pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa
ditulis dalam bentuk tabel dan grafik. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar
siswa secara klasikal diperoleh 3 orang siswa (11,11%) yang tuntas serta 24 orang
siswa (88,89%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 13 orang
siswa (48,14%) yang tuntas, sedangkan 14 orang siswa (51,85%) belum tuntas,
dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 24 orang siswa (88,89%) yang tuntas,
sedangkan 3 orang siswa (11,11%) belum mencapai ketuntasan belajar secara
klasikal. Hasil observasi pengelolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I
memperoleh rata-rata 6,5 dan siklus II memperoleh skor rata-rata 8,75 dan hasil
observasi aktivitas siswa yang dilakukan peneliti menunjukkan hasil rata-rata pada
siklus I sebesar 2,14 dan pada siklus II sebesar 3,31. Aktivitas dan keefektifan
belajar matematika siswa selalu mengalami peningkatan mulai tes awal, siklus I,
dan siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa belajar matematika menggunakan
model Explicit Instruction pada siswa SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P
2017/2018 efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa.