Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10374
Title: Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Model REOG Untuk Meningkatkan Konsep Dan Efikasi Diri Siswa SMK Muhammadiyah 9 Medan T.P 2017/2018
Authors: Fatimah, Siti
Keywords: Model pembelajaran REOG
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan konsep dan efikasi diri siswa SMK Muhammadiyah kelas X TSM 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan angket. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk tes uraian sebanyak 4 tes yang terdiri dari 10 butir soal untuk tes awal, 10 butir soal untuk tes siklus I. 10 butir soal untuk tes siklus II dan 10 butir soal untuk siklus III Sementara angket dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah sisswa kelas X TSM SMK Swasta Muhammadiyah 9 Medan tahun pelajarn 2017/2018 yang berjumlah 41 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan medel pembelajaran REOG untuk menigkatkan konsep dan efikasi diri siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan belajar dengan menggunakan metode pembelajaran REOG pada tes awal hanya 7 siswa (17%) yang tuntas sedangkan 34 siswa (83%) belum tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 11 siswa (27%) yang tuntas sedangkan 30 siswa (73%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa (56%) yang tuntas sedangkan 18 siswa (44%) belum tuntas. Kemudian pada siklus III meningkat lagi menjadi 39 siswa (92%) yang tuntas sedangkan 2 siswa (8%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai keberhasilan penelitian yaitu sebesar 85%. Sedangkan rata- rata tingkat aktivitas siswa pada pra siklus hanya 54,1 dalam kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 60,2 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 69,1 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus III meningkat menjadi 81,7 dalam kategori baik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10374
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf577.12 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.