Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan
dalam tiga siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran
matematika berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan konsep dan efikasi
diri siswa SMK Muhammadiyah kelas X TSM 2. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes dan angket. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam
bentuk tes uraian sebanyak 4 tes yang terdiri dari 10 butir soal untuk tes awal, 10
butir soal untuk tes siklus I. 10 butir soal untuk tes siklus II dan 10 butir soal
untuk siklus III Sementara angket dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar
siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah sisswa kelas X TSM SMK Swasta
Muhammadiyah 9 Medan tahun pelajarn 2017/2018 yang berjumlah 41 siswa,
sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan medel
pembelajaran REOG untuk menigkatkan konsep dan efikasi diri siswa. Dari hasil
penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan belajar
dengan menggunakan metode pembelajaran REOG pada tes awal hanya 7 siswa
(17%) yang tuntas sedangkan 34 siswa (83%) belum tuntas. Pada siklus I jumlah
siswa yang tuntas meningkat menjadi 11 siswa (27%) yang tuntas sedangkan 30
siswa (73%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 23
siswa (56%) yang tuntas sedangkan 18 siswa (44%) belum tuntas. Kemudian pada
siklus III meningkat lagi menjadi 39 siswa (92%) yang tuntas sedangkan 2 siswa
(8%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah
mencapai keberhasilan penelitian yaitu sebesar 85%. Sedangkan rata- rata tingkat
aktivitas siswa pada pra siklus hanya 54,1 dalam kategori kurang, pada siklus I
meningkat menjadi 60,2 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II
meningkat menjadi 69,1 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus III
meningkat menjadi 81,7 dalam kategori baik.