Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10369
Title: Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dan Model Pembelajaran Konvensional T.P 2017/2018
Authors: Nurhidayati, Siti
Keywords: Perbedaan;Everyone Is A Teacher Here
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran everyone is a teacher here lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan sampel penelitian kelas VIIIA dan VIII B SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018 dengan teknik purposive sampling. Masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pre-test dan post-test yang berupa tes essay. Instrumen penelitian terdiri dari 5 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian untuk kelas eksperimen rata-rata skor pre-test 40,41 dan standar deviasi 9,890667922 sedangkan untuk rata-rata post-test 80,20 dan standar deviasi 8,324951222. Untuk kelas kontrol rata-rata pre-test 35,73 dan standar deviasi 10,154291 sedangkan rata-rata post-test 63,91 dan standar deviasi 10,69159298. Dan hasil uji t dari nilai post-test dari dua kelas sampel diperoleh nilai signifikan adalah thitung(7,00981405) > ttabel(1,998). Karena thitung > ttabel , berdasarkan kriteria yang digunakan maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10369
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf290.01 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.