Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10351
Title: Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Metode Play Therapy Untuk Mengurangi Masalah Bullying Siswa Di Kelas VIII SMP Pab Helvetia Medan Tahun Ajaran 2018/2019
Authors: Wulandari, Syarah Anggi
Keywords: Layanan Konseling Kelompok;Play Therapy;Bullying
Issue Date: 2019
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa siswi tingkat sekolah menengah yang melakukan tindakan bullying. Baik itu bullying verbal maupun nonverbal. Sedangkan tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberi pemahaman kepada siswa siswi kelas VIII-3 SMP PAB 2 Helvetia mengenai bullying, dan dampak negatifnya sehingga diharapkan kedepannya dapat mengurangi perilaku bullying disekolah tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dan objek penelitian ini ialah siswa kelas VIII-3 SMP PAB 2 Helvetia yang berjumlah 9 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan tes pemahaman. Wawancara dilakukan dengan 11 orang, yakni Guru Bimbingan dan Konseling, Wali Kelas, serta 9 orang siswa kelas VIII-3 yang pernah terlibat dalam kasus bullying. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I masih 56% siswa yang memahami tentang bullying dan itu masih dalam kategori “Tidak Baik”. Dari hasil yang didapat di siklus I, peneliti memutuskan untuk melakukan menjalankan layanan siklus II. Setelah peneliti melaksanakan layanan kemudian peneliti melakukan tes pemahaman kembali dan mendapatkan hasil bahwa anggota kelompok sudah 89% memahami dan ini sudah digolongkan dalam kategori “Baik”. Dimana dari hasil tes ini, peneliti dapat mengatakan bahwa anggota kelompok sudah memahami dengan baik mengenai bullying dan sudah mulai menjauhi serta sudah ada beberapa yang benar-benar tidak melakukan tindakan bullying lagi.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10351
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.