Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10315
Title: Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Open-Ended Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018
Authors: Umami, Riza
Keywords: Eksperimen pembelajaran matematika;Model pembelajaran Open-Ended
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2017/2018 yang diajarkan dengan model pembelajaran Open-Ended. (2) bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2017/2018 yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. (3) apakah terdapat perbedaan yang nyata atas kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiya 05 Medan T.P 2017/2018 yang diajarkan dengan model pembelajaran Open-Ended dan yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2017/2018 sejumlah 66 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-A sejumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sejumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode tes. Dalam penelitian ini digunakan uji z dan uji prasyarat yaitu, uji normalitas dengan metode lilliefors dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata atas kemampuan koneksi matematis siswa dengan model pembelajaran Open-Ended dibandingkan dengan kemampuan koneksi matematis siwa dengan model pembelajaran konvensional dilihat dari nilai rata-rata post-test setiap kelas. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 89,879 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 86,181, jadi dapat dilihat bawha kemampuan koneksi matematis siswa lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran Open-Ended dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10315
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf680.25 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.