Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana kemampuan koneksi
matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2017/2018 yang
diajarkan dengan model pembelajaran Open-Ended. (2) bagaimana kemampuan
koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P
2017/2018 yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. (3) apakah
terdapat perbedaan yang nyata atas kemampuan koneksi matematis siswa kelas
VIII SMP Muhammadiya 05 Medan T.P 2017/2018 yang diajarkan dengan model
pembelajaran Open-Ended dan yang diajarkan dengan model pembelajaran
konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05
Medan T.P 2017/2018 sejumlah 66 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah
kelas VIII-A sejumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B
sejumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah dengan metode tes. Dalam penelitian ini digunakan uji z dan uji
prasyarat yaitu, uji normalitas dengan metode lilliefors dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang
nyata atas kemampuan koneksi matematis siswa dengan model pembelajaran
Open-Ended dibandingkan dengan kemampuan koneksi matematis siwa dengan
model pembelajaran konvensional dilihat dari nilai rata-rata post-test setiap kelas.
Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 89,879 dan nilai rata-rata kelas kontrol
adalah 86,181, jadi dapat dilihat bawha kemampuan koneksi matematis siswa
lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran Open-Ended dibandingkan
dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.