Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1030
Title: Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Materi Spldv Pada Siswa Smp Bahagia Medan T.P 2019/2020
Authors: Adlina, Almas
Keywords: Keaktifan belajar matematika.;Explaining;Model Student Facilitator
Issue Date: 4-Oct-2019
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berpengaruh terhadap keaktifan belajar matematika materi SPLDV pada siswa SMP Bahagia Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berpengaruh terhadap keaktifan belajar matematika materi SPLDV pada siswa SMP Bahagia Medan T.P 2019/2020. Adapun tujuan penelitian ini adalah bagi siswa untuk bahan alternatif pembelajaran, bagi guru untuk mempermudah proses pembelajaran, sebagai bekal penulis untuk menulis kedepannya, sebaga bahan perbandingan untuk penelitian selanjutnya yang relevan dikemudian hari, dan sebagai masukan pembaca khususnya matematika. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bahagia Medan T.P 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 151 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas VIII-1 SMP Bahagia Medan T.P 2019/2020 dengan jumlah 30 siswa dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan model Student Facilitator and Explaining terhadap keaktifan belajar matematika pada siswa SMP Bahagia Medan T.P 2019/2020. Berdasrkan diagram lingkaran, keaktifan belajar matematika siswa mengalami peningkatan 39%. Terbukti dalam data penelitian menunjukkan bahwa persentase skor angket awal (pre-test) kelas eksperimen sebesar 52%. Kemudian persentase skor angket akhir (post-test) kelas eksperimen sebesar 91%. Berdasarkan hasil penelitian didapat hipotesis keaktifan belajar matematika dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining menunjukkan bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (H0) ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh penggunaan model Student Facilitator and Explaining terhadap keaktifan belajar matematika pada siswa SMP Bahagia T.P 2019/2020”.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1030
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ALMAS ADLINA.pdfFulltext22.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.