Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran
Student Facilitator and Explaining berpengaruh terhadap keaktifan belajar
matematika materi SPLDV pada siswa SMP Bahagia Medan T.P 2019/2020.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah model pembelajaran
Student Facilitator and Explaining berpengaruh terhadap keaktifan belajar
matematika materi SPLDV pada siswa SMP Bahagia Medan T.P 2019/2020.
Adapun tujuan penelitian ini adalah bagi siswa untuk bahan alternatif
pembelajaran, bagi guru untuk mempermudah proses pembelajaran, sebagai bekal
penulis untuk menulis kedepannya, sebaga bahan perbandingan untuk penelitian
selanjutnya yang relevan dikemudian hari, dan sebagai masukan pembaca
khususnya matematika. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen
angket dan observasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bahagia Medan
T.P 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 151 siswa. Sampel
penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas VIII-1 SMP Bahagia Medan T.P
2019/2020 dengan jumlah 30 siswa dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel (SPLDV). Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh
penggunaan model Student Facilitator and Explaining terhadap keaktifan belajar
matematika pada siswa SMP Bahagia Medan T.P 2019/2020.
Berdasrkan diagram lingkaran, keaktifan belajar matematika siswa mengalami
peningkatan 39%. Terbukti dalam data penelitian menunjukkan bahwa persentase
skor angket awal (pre-test) kelas eksperimen sebesar 52%. Kemudian persentase
skor angket akhir (post-test) kelas eksperimen sebesar 91%.
Berdasarkan hasil penelitian didapat hipotesis keaktifan belajar
matematika dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining
menunjukkan bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (H0)
ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh penggunaan model
Student Facilitator and Explaining terhadap keaktifan belajar matematika pada
siswa SMP Bahagia T.P 2019/2020”.