Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10293
Title: Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Group Investigation dan Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SMK Negeri 1 Medan T.P 2017 / 2018.
Authors: Rapi, Muhammad
Keywords: Model pembelajaran Group Investigation;Model pembelajaran Student Teams Achievement Division;hasil belajar
Issue Date: 20-Jan-2018
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika setelah menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika setelah menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada model pembelajaran Student Teams Achievement Division dalam pokok bahasan matriks di kelas XI SMK Negeri 1 Medan T.P 2017 / 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 1 Medan. Sedangkan yang menjadi sampel diambil dari teknik acak sebanyak 2 kelas, satu kelas dijadikan kelas eksperimen 1 yaitu kelas XI AP3 yang berjumlah 36 siswa dan satu kelas diambil dijadikan kelas eksperimen 2 yaitu kelas XI AK 3 yang berjumlah 38 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah: X1 = Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. X2 = Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata di kelas eksperimen 1 adalah 67,2222. Sedangkan untuk kelas eksperimen 2 nilai rata-rata adalah 76,3158. Dan hasil analisis data, tentang perbadingan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada materi matriks di kelas XI SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2017 / 2018, diketahui bahwa hasil yang di dapat berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 3,8037, setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 3,6 ternyata thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran Group Investigation dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada pokok bahasan matriks di kelas XI SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Maka dapat disimpulkan “bahwa hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada pokok bahasan matriks di kelas XI SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2017 /2018
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10293
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LENGKAP FULL.pdf1.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.