Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar
matematika setelah menggunakan model pembelajaran Group Investigation.
Untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika setelah menggunakan
model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Untuk mengetahui
apakah hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan
model pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada model pembelajaran
Student Teams Achievement Division dalam pokok bahasan matriks di kelas XI
SMK Negeri 1 Medan T.P 2017 / 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh kelas XI SMK Negeri 1 Medan. Sedangkan yang menjadi sampel diambil
dari teknik acak sebanyak 2 kelas, satu kelas dijadikan kelas eksperimen 1 yaitu
kelas XI AP3 yang berjumlah 36 siswa dan satu kelas diambil dijadikan kelas
eksperimen 2 yaitu kelas XI AK 3 yang berjumlah 38 siswa. Variabel dalam
penelitian ini adalah: X1 = Hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Group Investigation. X2 = Hasil belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Dari hasil penelitian
yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata di kelas eksperimen 1 adalah
67,2222. Sedangkan untuk kelas eksperimen 2 nilai rata-rata adalah 76,3158. Dan
hasil analisis data, tentang perbadingan hasil belajar antara penggunaan model
pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Student Teams
Achievement Division pada materi matriks di kelas XI SMK Negeri 1 Medan
Tahun Pelajaran 2017 / 2018, diketahui bahwa hasil yang di dapat berdasarkan
pengujian hipotesis menggunakan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 3,8037,
setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 3,6 ternyata thitung > ttabel sehingga H0
ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil
belajar antara penggunaan model pembelajaran Group Investigation dengan
model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada pokok bahasan
matriks di kelas XI SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Maka
dapat disimpulkan “bahwa hasil belajar matematika menggunakan model
pembelajaran Student Teams Achievement Division lebih baik daripada
menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada pokok bahasan
matriks di kelas XI SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2017 /2018