Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1027
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSetiawan, Rizky-
dc.date.accessioned2020-03-01T07:41:53Z-
dc.date.available2020-03-01T07:41:53Z-
dc.date.issued2019-09-27-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1027-
dc.description.abstractSalah satu rekayasa lalu lintas yang berfungsi sebagai alat pengendali kecepatan lalu lintas adalah jendulan melintang jalan. Jendulan melintang adalah peninggian melintang permukaan jalan yang digunakan untuk mengendalikan kecepatan kendaraan. Fasilitas ini dikenal dengan berbagai jenis, diantaranya Speed Bump, Speed Hump, dan Speed Tables (Flat Top Speed Hump). Dalam penelitian ini, dianalisis efektifitas pemasangan jendulan melintang jalan dalam mengurangi kecepatan lalu lintas. Lokasi penelitian adalah pada ruas Jalan Kapten Muslim dan Jalan Sunggal. Pada kedua ruas jalan tersebut terbagi beberapa titik lokasi penelitian untuk membedakan data kecepatan pada lokasi terdapat fasilitas jendulan melintang jalan dengan yang tidak terdapat fasilitas ini. Metode penelitian ini meggunakan metode survei kecepatan setempat dan metode kecepatan 85 persentil yaitu dengan mengukur kecepatan kendaraan sepeda motor 100cc-125cc (bebek), sepeda motor 150cc keatas (sport), sepeda motor automatic (matic), becak bermotor (betor), mobil pribadi, angkutan kota, dan truk sebelum dan setelah melewati jendulan melintang jalan. Dari hasil pengujian di atas diperoleh hasil kecepatan kendaraan yang berkurang pada masing-masing lokasi penelitian. Pada lokasi Jalan Sunggal kecepatan rata-rata berkurang sampai 13,78 km/jam (dari 32,84 km/jam menjadi 19,06 km/jam). Hal tersebut menunjukkan hasil yang tidak efektif karena kecepatan rata-rata berkurang menjadi 19,06 km/jam. Dinyatakan efektif apabila kecepatan rata-rata berkurang menjadi ≤ 10 km/jam.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Sumatera Utaraen_US
dc.subjectJendulan melintang jalanen_US
dc.subjectPersentilen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.subjectSpeed Bumpen_US
dc.titleEvaluasi Pemasangan Speed Bump Sebagai Alat Pembatas Kecepatan Kendaraan Jalan Kapten Muslim Dan Jalan Sunggal (Studi Kasus)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SP - 1407210246.pdfFulltext3.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.