Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10276
Title: Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa SMP Negeri 3 Binjai T.P 2017/2018
Authors: Sofyan, Miftha Maudy
Keywords: Aktivitas Belajar;Model Pembelajaran Two Stay Two Stray
Issue Date: 18-Mar-2018
Abstract: Tujuan dalam pembelajaran yang dilakukan (1) mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas belajar matematika pada siswa SMP Negeri 3 Binjai T.P 2017/2018 dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (2) mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar matematika pada siswa SMP Negeri 3 Binjai T.P 2017/2018 menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 3 Binjai T.P 2017/2018 yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Objek penilitian ini adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi segiempat (persegi dan persegi panjang) T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian adalah melalui tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa kelas VII-4 SMP Negeri 3 Binjai dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika. Pada siklus I mengalami peningkatan disetiap indikatornya meskipun jika dicari rata-rata dari jumlah indikator masih dalam kategori cukup dengan skor 2,34. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II. Jumlah rata-rata setiap indikator aktivitas belajar matematika dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa kelas VII-4 SMP Negeri 3 Binjai meningkat dari siklus I sebesar 2,34 menjadi 3,301 dan ada pada kategori baik. Pada tes awal ketuntasan belajar siswa secara klasikal memperoleh 37,5% dengan 12 orang tuntas dan 62,5% yaitu 20 orang tidak tuntas dan pada siklus I meningkat menjadi 65,63 % dengan 21 orang tuntas dan 34,37% atau sebanyak 11 orang tidak tuntas, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,5% dengan 28 orang tuntas dan 12,5 % atau sebanyak 4 orang tidak tuntas secara klasikal. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan setelah diberikan tindakan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10276
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi miftha.pdf1.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.