Abstract:
Tujuan dalam pembelajaran yang dilakukan (1) mengetahui bagaimana
peningkatan aktivitas belajar matematika pada siswa SMP Negeri 3 Binjai T.P
2017/2018 dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (2)
mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar matematika pada siswa SMP
Negeri 3 Binjai T.P 2017/2018 menggunakan model pembelajaran Two Stay Two
Stray. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 3 Binjai
T.P 2017/2018 yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Objek
penilitian ini adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi
segiempat (persegi dan persegi panjang) T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini yaitu
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik dan alat pengumpulan data dalam
penelitian adalah melalui tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan
penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa kelas VII-4 SMP
Negeri 3 Binjai dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika. Pada siklus I
mengalami peningkatan disetiap indikatornya meskipun jika dicari rata-rata dari
jumlah indikator masih dalam kategori cukup dengan skor 2,34. Aktivitas belajar
siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II. Jumlah rata-rata setiap
indikator aktivitas belajar matematika dengan model pembelajaran Two Stay Two
Stray pada siswa kelas VII-4 SMP Negeri 3 Binjai meningkat dari siklus I sebesar
2,34 menjadi 3,301 dan ada pada kategori baik. Pada tes awal ketuntasan belajar
siswa secara klasikal memperoleh 37,5% dengan 12 orang tuntas dan 62,5% yaitu
20 orang tidak tuntas dan pada siklus I meningkat menjadi 65,63 % dengan 21
orang tuntas dan 34,37% atau sebanyak 11 orang tidak tuntas, kemudian pada
siklus II meningkat lagi menjadi 87,5% dengan 28 orang tuntas dan 12,5 % atau
sebanyak 4 orang tidak tuntas secara klasikal. Hal ini menunjukkan adanya
peningkatan setelah diberikan tindakan dengan model pembelajaran Two Stay Two
Stray