Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10265
Title: Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/ 2018.
Authors: Simatupang, Maisyaroh
Keywords: Aktivitas Belajar;Hasil Belajar;Metode Penemuan Terbimbing.
Issue Date: 19-Mar-2018
Abstract: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika setelah Metode Penemuan Terbimbing di kelas VIII-1 SMP Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/ 2018. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK ). Instrumen penelitian adalah tes dan observasi dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/ 2018 yang terdiri dari 40 orang siswa. Adapun menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas belajar matematika siswa menggunakan metode penemuan terbimbing di SMP Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/ 2018 dan bagaimana hasil belajar matematika siswa menggunakan metode penemuan terbimbing di SMP Swasta Bina Satria Medan T.P 2017/ 2018. Hasil observasi aktivitas siswa dari dari pra siklus yang memiliki rata-rata tertinggi adalah Siswa mempersiapkan perlengkapan belajar yang dibutuhkan yaitu dengan skor 2,6 pada siklus I meningkat menjadi skor 2,7 dan pada siklus II meningkat menjadi skor 3,0. Sementara yang memiliki skor ratarata terendah pada pra siklus adalah Siswa mampu menarik kesimpulan dari materi pembelajaran yaitu dengan skor 1,0, pada siklus I meningkat menjadi skor 1,2 dan pada siklus II meningkat menjadi skor 2,7. Sehingga pada pra siklus ratarata keseluruhannya sebesar 1,9 dengan kategori cukup (C ) mengalami peningkatan pada siklus I yang rata-rata keseluruhannya 2,1 denga kategori cukup (C ) dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata keseluruhannya sebesar 2,8 dengan kategori baik (B ). Hasil penelitian pada tes pra siklus di peroleh data sebanyak 9 siswa (22,50% ) telah mencapai ketuntasan belajar dan 31 siswa (77,50% ) belum mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh data sebanyak 16 siswa (40,00% ) telah mencapai ketuntasan belajar dan 24 siswa (60,00% ) belum mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pada siklus II diperoleh data sebanyak 35 siswa (87,50% ) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (12,50% ) yan belum mencapai ketuntasan belajar.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10265
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Maisyaroh Simatupang.pdf1.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.