Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10258
Title: Penerapan Strategi Pendekatan Metode Gal’perin Terhadaap Hasil Belajar Siswa MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Tahun Pelajaran 2017/2018
Authors: Lubis, Loria Amisah
Keywords: Hasil Belajar Matematika;Metode Gal’perin
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode Gal’perin lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan meggunakan model konvesional pada materi persegipanjang pada siswa kelas VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung tahun pelajaran 2017/2018. (2) Apakah pembelajaran dengan metode Gal’perin dapat diterapkan dalam memperbaiki hasil belajar matematika siswa pada materi persegipanjang pada siswa kelas VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung tahun pelajaran 2017/2018. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode Gal’perin lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan meggunakan model konvesional pada materi persegipanjang pada siswa kelas VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui Apakah pembelajaran dengan metode Gal’perin dapat diterapkan dalam memperbaiki hasil belajar matematika siswa pada materi persegipanjang pada siswa kelas VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung yang berjumlah 400 orang siswa yaitu 30 orang siswa kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa VII-6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat ( uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil penelitian dengan menggunakan uji hipotesis posttest dengan Mann-Whitney nilai signifikansi adalah 0.044 < 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dan untuk nilai gain antara kelas eksperimen juga lebih baik daripada kelas control, yaitu nilai gain kelas eksperimen g = 0.62 dan kelas control g = 0.57
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10258
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi full.pdf2.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.