Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)
Apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode
Gal’perin lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan
meggunakan model konvesional pada materi persegipanjang pada siswa kelas
VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung tahun pelajaran 2017/2018. (2)
Apakah pembelajaran dengan metode Gal’perin dapat diterapkan dalam
memperbaiki hasil belajar matematika siswa pada materi persegipanjang pada
siswa kelas VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung tahun pelajaran
2017/2018. Sebagai tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
Apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode
Gal’perin lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan
meggunakan model konvesional pada materi persegipanjang pada siswa kelas
VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung tahun pelajaran 2017/2018. (2)
Untuk mengetahui Apakah pembelajaran dengan metode Gal’perin dapat
diterapkan dalam memperbaiki hasil belajar matematika siswa pada materi
persegipanjang pada siswa kelas VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung
tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung yang berjumlah 400 orang siswa
yaitu 30 orang siswa kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa
VII-6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu
tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis data menggunakan
uji prasyarat ( uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil
penelitian dengan menggunakan uji hipotesis posttest dengan Mann-Whitney
nilai signifikansi adalah 0.044 < 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Dan untuk nilai gain antara kelas eksperimen juga lebih baik daripada kelas
control, yaitu nilai gain kelas eksperimen g = 0.62 dan kelas control g = 0.57