Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10254
Title: Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Swasta Al-Hikmah Medan T.P 2017/2018
Authors: Ramadhani, Safitri
Keywords: Pendekatan Open-ended
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: efektivitas pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP tersebut. Yang bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Swasta Al Hikmah Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Al Hikmah Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 dan kelas VII-4 sebanyak 76 orang. Kelas VII-3 menggunakan pendekatan Open-Ended dan kelas VII-4 menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen komparatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yaitu uji kesamaan dua rerata pada data pretest, postest dan N-Gain dengan menggunakan sofware SPSS 23. Pada uji hipotesis kesamaan dua rerata data pretest diperoleh ( ) , sehingga diterima dan ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada data pretest . Pada uji hipotesis kesamaan dua rerata data posttest diperoleh ( ) , sehingga ditolak dan diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada data posttest. Pada uji hipotesis kesamaan dua rerata data Ngain diperoleh ( ) , sehingga ditolak dan diterima, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan Open-Ended pada materi segitiga dan segiempat lebih baik sehingga pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi segitiga dan segiempat
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10254
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi Lengkap.pdf2.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.