Abstract:
efektivitas
pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa
SMP tersebut. Yang bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas pendekatan
Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Swasta Al Hikmah
Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Swasta Al Hikmah Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VII-3 dan kelas VII-4 sebanyak 76 orang. Kelas VII-3 menggunakan
pendekatan Open-Ended dan kelas VII-4 menggunakan pembelajaran
konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen komparatif. Teknik analisis
data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yaitu
uji kesamaan dua rerata pada data pretest, postest dan N-Gain dengan
menggunakan sofware SPSS 23. Pada uji hipotesis kesamaan dua rerata data
pretest diperoleh ( ) , sehingga diterima dan
ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada data pretest . Pada
uji hipotesis kesamaan dua rerata data posttest diperoleh ( )
, sehingga ditolak dan diterima, artinya terdapat perbedaan
yang signifikan pada data posttest. Pada uji hipotesis kesamaan dua rerata data Ngain
diperoleh
( ) , sehingga ditolak dan
diterima, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan
pendekatan Open-Ended pada materi segitiga dan segiempat lebih baik sehingga
pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended lebih efektif dibandingkan
pembelajaran konvensional pada materi segitiga dan segiempat