Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10251
Title: Penerapan Model Pembelajaran Search Solves Create and Share untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Pada Siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018
Authors: Yusda, Safriadi
Keywords: Search Solves Create And Share
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah dengan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018 ?Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018 Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar observasi dan tes yang berbentuk essay 5 soal. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Hidayah semester genap T.P 2017/2018 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk kelas eksperimen 24 siswa di kelas VIII-D. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan,dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Search, solve, create and share dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan Lingkaran siswa kelas VIII-D SMP AlHidayah Medan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ketuntasan kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I sampai dengan siklus II yang mengalami peningkaan hingga mencapai indikator keberhasilan. Pada siklus I nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 59,79 dan meningkat pada siklus II sebesar 81,04. Serta mengalami peningkatan pada nilai rata-rata pemahaman konsep siswa dari 3,00 dengan kategori baik menjadi 4,05 dengan kategori sangat baik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10251
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SAFRIADI YUSDA.pdf1.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.