Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah dengan model pembelajaran
Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dapat meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018 ?Penelitian
ini bertujuan : Untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran Search, Solve,
Create, and Share (SSCS) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada
siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018 Instrumen penelitian yang digunakan
adalah berupa lembar observasi dan tes yang berbentuk essay 5 soal. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Hidayah semester genap T.P
2017/2018 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk kelas
eksperimen 24 siswa di kelas VIII-D. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan,dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Search, solve,
create and share dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada
pembelajaran matematika pokok bahasan Lingkaran siswa kelas VIII-D SMP AlHidayah
Medan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ketuntasan kemampuan
pemahaman konsep siswa pada siklus I sampai dengan siklus II yang mengalami
peningkaan hingga mencapai indikator keberhasilan. Pada siklus I nilai rata-rata
ketuntasan belajar siswa sebesar 59,79 dan meningkat pada siklus II sebesar 81,04.
Serta mengalami peningkatan pada nilai rata-rata pemahaman konsep siswa dari 3,00
dengan kategori baik menjadi 4,05 dengan kategori sangat baik.