Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10245
Title: Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SMP Tamansiswa T.P 2016/2017
Authors: Surainy, Laily
Keywords: Model Pembelajaran Course Review Horay Dan Pemahaman Konsep Matematika
Issue Date: 18-Apr-2018
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan model pembelajaran Course Review Horay efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika di SMP Tamansiswa Medan 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Tamansiswa Medan yang berjumlah 72 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-B berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay , sedangkan kelas kontrol pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif, yaitu melalui tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata kelas eksperimen pada pretest yaitu kemampuan belajar matematika siswa sebesar 32 dengan standart deviasi sebesar 14,14 dan kemampuan belajar matematika siswa pada postest yaitu sebesar 85,4 dengan standart deviasi sebesar 14,99. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 2,9609. Selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel = 1,67943. Dengan demikian dapat dikatakan thitung > ttabel yaitu 2,9609 > 1,67943 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dari nilai gain ternormalisasi pada kelas eksperimen sebesar 79,6% tergolong tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII-B SMP Tamansiswa Medan T.P 2016/2017 pada pokok bahasan Segiempat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10245
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf602.08 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.