Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan model pembelajaran Course
Review Horay efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika di SMP
Tamansiswa Medan 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Tamansiswa Medan yang berjumlah 72 siswa. Adapun sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VII-B berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan
kelas VII-C berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay ,
sedangkan kelas kontrol pembelajaran dengan menggunakan model konvensional.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif, yaitu melalui tes.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata kelas eksperimen pada pretest yaitu
kemampuan belajar matematika siswa sebesar 32 dengan standart deviasi sebesar
14,14 dan kemampuan belajar matematika siswa pada postest yaitu sebesar 85,4
dengan standart deviasi sebesar 14,99. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis,
diperoleh thitung = 2,9609. Selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel
= 1,67943. Dengan demikian dapat dikatakan thitung > ttabel yaitu 2,9609 > 1,67943
yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dari nilai gain ternormalisasi pada kelas
eksperimen sebesar 79,6% tergolong tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran Course Review Horay lebih efektif dalam meningkatkan
pemahaman konsep matematika siswa kelas VII-B SMP Tamansiswa Medan T.P
2016/2017 pada pokok bahasan Segiempat.