Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10227
Title: Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Pada Siswa SMK Swasta Bandung-2 Tahun Pelajaran 2017/2018
Authors: Firdaus, Disky
Keywords: Metode Pembelajaran Brainstorming
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran brainstorming dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas X TKR SMK Swasta Bandung-2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk tes uraian sebanyak 3 tes yang terdiri dari 5 butir soal untuk tes awal, 5 butir soal untuk tes siklus I dan 5 butir soal untuk tes siklus II. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah sisswa kelas X TKR SMK Swasta Bandung-2 tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran brainstorming untuk menigkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan belajar dengan menggunakan metode pembelajaran brainstorming pada tes awal hanya 5 siswa (20%) yang tuntas sedangkan 20 siswa (80%) belum tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 siswa (52%) yang tuntas sedangkan 12 siswa (48%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa (92%) yang tuntas sedangkan 2 siswa (8%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 85%. Sedangkan rata- rata tingkat aktivitas siswa pada siklus I 2,45 dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3,23 dalam kategori baik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10227
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi.pdf2.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.