Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan
metode pembelajaran brainstorming dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar matematika siswa kelas X TKR SMK Swasta Bandung-2. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah
tes tertulis dalam bentuk tes uraian sebanyak 3 tes yang terdiri dari 5 butir soal
untuk tes awal, 5 butir soal untuk tes siklus I dan 5 butir soal untuk tes siklus II.
Sementara observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek
dalam penelitian ini adalah sisswa kelas X TKR SMK Swasta Bandung-2 tahun
pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa, sedangkan objek dalam penelitian
ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran brainstorming untuk
menigkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan
hasil belajar yaitu tingkat ketuntasan belajar dengan menggunakan metode
pembelajaran brainstorming pada tes awal hanya 5 siswa (20%) yang tuntas
sedangkan 20 siswa (80%) belum tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas
meningkat menjadi 13 siswa (52%) yang tuntas sedangkan 12 siswa (48%) belum
tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa (92%) yang
tuntas sedangkan 2 siswa (8%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian
ini berhasil, karena telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar
85%. Sedangkan rata- rata tingkat aktivitas siswa pada siklus I 2,45 dalam
kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3,23 dalam kategori
baik.