Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10203
Title: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan T.P 2017/2018
Authors: Wahyuningsih, Dwi
Keywords: Perangkat Pembelajaran;Pendekatan Saintifik
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk megembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Bahan Ajar, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), Media Pembelajaran, dan THB (Tes Hasil Belajar) berbasis Pendekatan Saintifik pada materi perbandingan untuk siswa SMP kelas VII. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 02 Medan, Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Bahan Ajar, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), Media Pembelajaran, dan THB (Tes Hasil Belajar) untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,54 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4,43 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata-rata LKPD yaitu 4,68 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Skor rata-rata Media Pembelajaran yaitu 4,32 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata-rata THB yaitu 4,70 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 4,87 dari maksimal 5,00 dengan kriteria sangat bai
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10203
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf898.18 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.