Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk megembangkan perangkat pembelajaran berupa
RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Bahan Ajar, LKPD (Lembar Kerja
Peserta Didik), Media Pembelajaran, dan THB (Tes Hasil Belajar) berbasis
Pendekatan Saintifik pada materi perbandingan untuk siswa SMP kelas VII.
Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan.
Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model
pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop
(Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti,
penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa
kelas VII-B SMP Muhammadiyah 02 Medan, Medan. Instrumen yang digunakan
untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah
lembar penilaian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Bahan Ajar, LKPD
(Lembar Kerja Peserta Didik), Media Pembelajaran, dan THB (Tes Hasil
Belajar) untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa untuk mengukur
kepraktisan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid
berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,54 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria
sangat baik. Skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4,43 dari skor maksimal 5,00 dengan
kriteria baik. Skor rata-rata LKPD yaitu 4,68 dari skor maksimal 5,00 dengan
kriteria sangat baik. Skor rata-rata Media Pembelajaran yaitu 4,32 dari skor
maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata-rata THB yaitu 4,70 dari skor
maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat
pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon
siswa 4,87 dari maksimal 5,00 dengan kriteria sangat bai