Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10194
Title: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Materi Aljabar di Sekolah Menengah Pertama
Authors: Nugroho, Hari
Keywords: LKPD;Creative Problem Solving
Issue Date: 4-Oct-2019
Abstract: Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) adalah penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Produk yang dihasilkan adalah LKPD berbasis Creative Problem Solving pada materi Aljabar kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana mengembangkan LKPD berbasis Creative Problem Solving, bagaimana tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD yang akan dikembangkan. pembelajaranPenelitian ini menggunakan model penelitian 4-D Thiagarajan, dkk. Namun dalam penelitian ini hanya sampai tiga tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Berdasarkan hasil validasi dari validator bahwa LKPD berbasis Creative Problem Solving yang dikembangkan peneliti dapat dikatakan valid dengan berpatokan pada tabel kriteria kevalidan dengan nilai dari rerata validasi ahli materi dan ahli media yaitu 3,95, kemudian dikatakan praktis dengan melihat angket respon peserta didik terhadap LKPD dengan nilai 4,30 sangat baik. Kemudian dikatakan efektif dengan melihat hasil tes peserta didik yang berjumlah 20 orang yaitu 16 orang dikatakan tuntas dan 4 orang dinyatakan tidak lulus dengan persentase 80% tuntas. Dari data tersebut dapat dikatakan LKPD tersebut masuk kategori efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10194
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI HARI NUGROHO.pdf1.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.