Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10154
Title: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SMP
Authors: Khair, Abdul Rasyid Fadhlan
Keywords: Perangkat pembelajaran;Pendekatan saintifik
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Skripsi. Pendidikan Matematika Program Sarjana Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 2018. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: Bagaimana Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa, perangkat yang dikembangkan terdiri dari: RPP, LKPD, Media, Bahan Ajar dan Penilaian. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VII SMP Bandung Medan tahun ajaran 2017/2018 dengan mengambil kelas kecil sebanyak 30 siswa, dengan objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model 4-D yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: Define, Design, Development dan Desiminate, tetapi pada penelitian ini tidak sampai tahap Desiminate karena keterbatasan waktu. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa hasil perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan berada pada kategori valid dengan persentase sebesar 93% pada kategori “valid”. Hasil angket minat belajar siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada persentase 83% dengan kategori “sangat minat
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10154
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf741.97 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.