Abstract:
Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Skripsi.
Pendidikan Matematika Program Sarjana Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara. 2018. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: Bagaimana
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik untuk
Meningkatkan Minat Belajar Siswa, perangkat yang dikembangkan terdiri dari:
RPP, LKPD, Media, Bahan Ajar dan Penilaian. Subjek dalam penelitian ini adalah
Siswa Kelas VII SMP Bandung Medan tahun ajaran 2017/2018 dengan
mengambil kelas kecil sebanyak 30 siswa, dengan objek dalam penelitian ini
adalah perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan
minat belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model 4-D yang
telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu:
Define, Design, Development dan Desiminate, tetapi pada penelitian ini tidak
sampai tahap Desiminate karena keterbatasan waktu. Hasil analisis data yang telah
diperoleh menunjukkan bahwa hasil perangkat pembelajaran berbasis pendekatan
saintifik yang dikembangkan berada pada kategori valid dengan persentase
sebesar 93% pada kategori “valid”. Hasil angket minat belajar siswa terhadap
perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada persentase 83% dengan
kategori “sangat minat