Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10139
Title: Pengaruh Model Round Club Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa SMP IT Khairul Imam Tahun Pelajaran 2017/2018
Authors: Panjaitan, Adrian Sugandha
Keywords: Model round club;Kemampuan komunikasi
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran round club terhadap kemampuan komunikasi belajar matematika pada siswa SMP IT Khairul Imam T.P 2017/2018? Penelitian ini bertujuan :(1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran round club terhadap kemampuan komunikasi belajar matematika pada siswa SMP IT Khairul Imam T.P 2017/2018? Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah One-Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan model pembelajaran round club pada kelas eksperimen dan menggunakan metode Konvensional pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Khairul Imam semester genap T.P 2017/2018 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk kelas eksperimen 30 siswa di kelas VII Al-Rusyd sedangkan untuk di kelas kontrol 30 siswa di kelas VII Al-Kindi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan uji hipotesis (uji-t) yaitu harga thitung = 3,483 setelah dibandingkan dengan ttabel = 1,832, ternyata thitung (3,483) > ttabel (1,832) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh model pembelajaran round club terhadap kemampuan komunikasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP IT Khairul Imam T.P 2017/2018 dengan pengaruh sebesar 51,86 %.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10139
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ADRIAN.pdf4.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.