Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh model
pembelajaran round club terhadap kemampuan komunikasi belajar matematika
pada siswa SMP IT Khairul Imam T.P 2017/2018? Penelitian ini bertujuan :(1)
Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran round club terhadap
kemampuan komunikasi belajar matematika pada siswa SMP IT Khairul Imam
T.P 2017/2018? Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan
pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah One-Group Pretest-Posttest
Design dengan menggunakan model pembelajaran round club pada kelas
eksperimen dan menggunakan metode Konvensional pada kelas kontrol. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Khairul Imam semester genap
T.P 2017/2018 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk
kelas eksperimen 30 siswa di kelas VII Al-Rusyd sedangkan untuk di kelas
kontrol 30 siswa di kelas VII Al-Kindi. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data
menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis.
Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan uji hipotesis
(uji-t) yaitu harga thitung = 3,483 setelah dibandingkan dengan ttabel = 1,832,
ternyata thitung (3,483) > ttabel (1,832) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini
berarti ada pengaruh model pembelajaran round club terhadap kemampuan
komunikasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP IT Khairul Imam T.P
2017/2018 dengan pengaruh sebesar 51,86 %.