Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10118
Title: Mengatasi Kesulitan Belajar Teknik Homework Assigment Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan Tahun Ajaran 2018/2019
Authors: Utami, Suci Ratih
Keywords: Kesulitan Belajar;Teknik Homework Assigment;Layanan Bimbingan Kelompok
Issue Date: 2019
Abstract: Penelitian ini menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik homework assigment. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Teknik Homework Assigment Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan . Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan yang berjumlah 32 orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 8 orang yang dianggap memiliki masalah yaitu kesulitan belajar yang cenderung tinggi. Hasil penentuan sampel ini dilakukan oleh peneliti bersama guru BK di sekolah SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan Tahun Ajaran 2018/2019. Dari analisis data telah terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Teknik Homework Assigment melalui Bimbingan Kelompok terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan Tahun Ajaran 2018/2019. Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data dengan menggunakan observasi , teratasinya kesulitan belajar yang telah dicapai dengan penerapan teknik homework assigment melalui layanan bimbingan kelompok yaitu 83%. Dengan demikian penggunaan teknik homework assigment melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 21 Serbelawan Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat setelah dilaksanakannya layanan teknik homework assigment melalui layanan bimbingan kelompok.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10118
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.