Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10104
Title: Pengaruh Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Aisyiyah Sumatera Utara T.P 2017/2018
Authors: Sari, Anita
Keywords: Pengaruh Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME);Hasil Belajar Matematika Siswa
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pendekatan realistics mathematics education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa Mts Aisyiyah Sumatera Utara tahun pelajaran 2017/2018 ? (2) Berapa persen pengaruh hasil belajar matematika siswa Mts. Aisyiyah Sumatera Utara tahun pelajaran 2017/2018 dengan pendekatan realistics mathematics education (RME)?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan realistics mathematics education (RME) terhadap hasil belajar matematika pada siswa MTs. Aisyiyah Sumatera Utara tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui berapa persen pengaruh hasil belajar matematika siswa Mts Aisyiyah Sumatera Utara tahun pelajaran 2017/2018 dengan pendekatan realistics mathematics education (RME). Tekhnik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tes. Dan yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 32 siswa. Dan kelas VII-B berjumlah 32 siswa. Tes yang dgunakan tes tertulis berbentuk uraian 10 soal. Berdasarkan analisis data untuk kelas eksperimen adalah.Dari hasil penelitian diperoleh t hitung > t tabel yaitu 5,44 > 2,04 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang pendekatan realistics mathematics education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa Mts Aisyiyah Sumatera Utara tahun pelajaran 2017/2018. Dan besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar matematika siswa adalah 75,5 % dan sisanya sebesar 24,5 % dipengaruhi oleh faktor lain.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10104
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf977.03 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.