Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10100
Title: Tanggung Jawab Perusahaan Terhadap Pelanggan Akibat Pelayanan Buruk Pendistribusian Air (Studi Pada PDAM Tirtanadi Cabang Delitua)
Authors: Darmawan, Mhd. Dwiki
Keywords: Tanggung Jawab;Pelanggan
Issue Date: 6-Jun-2018
Abstract: Sesuai dengan kedudukannya masyarakat sebagai pelanggan, PDAM Tirtanadi Cabang Delitua yang mengadakan perjanjian selaku pihak penyelenggara jasa air minum. Salah satu hak konsumen atas kelancaran, keamanan dan keselamatan dalam mendapatkan distribusi air oleh PDAM Tirtanadi Cabang Delitua. Perjanjian antara pelanggan dengan pihak PDAM Tirtanadi Cabang Delitua menggunakan bentuk perjanjian bersifat baku karena isi perjanjian tersebut telah dituangkan dalam bentuk formulir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hukum antara PDAM Tirtanadi Cabang Delitua dengan pelanggan, untuk mengetahui tanggung jawab PDAM Tirtanadi Cabang Delitua terhadap pelanggan akibat pelayanan distribusi air tidak lancar, dan untuk mengetahui upaya dan penyelesaian tuntutan pelanggan atas tidak lancarnya distribusi air oleh PDAM Tirtanadi Cabang Delitua. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum yang bersifat deskriptif analisis dan menggunakan jenis penelitian yuridis empiris yaitu penggabungan ataupendekatan yuridis normatif dengan unsur-unsur empiris yang diambil dari data primer dengan melakukan wawancara dan data sekunder dengan mengolah data dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier, data yang ada diolah dengan menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dipahami bahwa Hubungan hukum antara Pelanggan dan PDAM Tirtanadi dimana Pelaku Usaha disini adalah pihak PDAM Tirtanadi Cabang Delitua, dan pelanggan adalah seseorang atau kelompok yang menjadi konsumen oleh PDAM Tirtanadi Cabang Delituua. Hubungan antara keduanya terwujud melalui sebuah perjanjian Pemasangan Baru yang bersifat baku sehingga diantara adanya mematuhi hak dan kewajiban yang harus dijalankan oleh kedua pihak. PDAM Tirtanadi Cabang Delitua bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas konsumen tidak hanya sebatas uang atau barang bahkan perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan akibat mengkonsumsi air minum yang tercemar. Serta Penyelesaian sengketa yang terjadi diantara keduanya, pihak PDAM Tirtanadi Cabang Delitua dengan cara menindaklanjuti dengan cepat atas keluhan dari pelanggan
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10100
Appears in Collections:Legal Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf726.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.