Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10075
Title: Pengembangan Pembelajaran Matematika Model Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa SMA MUHAMMADIYAH 18 Sunggal Tahun Pelajaran 2017/2018
Authors: Manik, Fitri Yani Gajah
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran,;Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Issue Date: 18-Mar-2018
Abstract: Hasil studi pendahuluan menemukan banyak masalah di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal, khususnya prestasi belajar siswa yang relatife rendah. Peneliti melihat kegiatan dalam proses pembelajaran belum terorganisir dengan baik dan kurang adanya persiapan yang matang sebelum mengajar. Selain itu masalah dalam penelitian ini adalah belum pernah digunakannya perangkat pembelajaran, khususnya RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media, dan Tes hasil belajar yang dikembangkan dengan model kooperatif NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pengembangan pembelajaran matematika dengan model Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Karena keterbatasan peneliti, penelitian yang akan dilakukan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media, dan Tes hasil belajar untuk mengukur kevalidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ketuntasan belajar secara klasikal belum melebihi batas minimal pada uji coba I yaitu sebesar 40% kemudian pada uji coba II ketuntasan secara klasikal sudah melebihi batas minimal yaitu sebesar 93%. (2) Pada uji coba I ketercapaian indikator pertama sebesar 83%, ketercapaian indikator kedua sebesar 63%, ketercapaian indikator ketiga sebesar 52%. Pada uji coba II ketercapaian indikator pertama sebesar 98%, ketercapaian indikator kedua sebesar 86%, dan ketercapaian indikator ketiga sebesar 81%, ketercapaian indikator atau ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator. (3) kemampuan hasil belajar uji coba I diperoleh rata-rata sebesar 66% dan pada uji coba II rata-rata 90%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keefektifan pengembangan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi komposisi fungsi telah terbukti, sehingga disarankan kepada setiap guru terutama guru matematika agar mampu mengembangkan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10075
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.